Bernas.id ? Sayur dan buah sudah lama dikenal sebagai menu yang menyehatkan. Hasil penelitian terbaru menunjukkan satu lagi manfaat dari mengonsumsi sayur dan buah secara teratur. Mengkonsumsi sayur, buah, dan biji gandum dilaporkan bisa membantu mengatasi depresi.
Hal tersebut diungkapkan oleh tim peneliti asal AS. Mereka melakukan penelitian dengan cara mengamati pola makan dan suasana hati hampir 1000 orang selama enam bulan. Mereka yang diamati rata-rata berusia 81 tahun.
Hasil pengamatan mereka menunjukkan kalau orang-orang yang lebih suka mengonsumsi buah, sayuran, dan biji gandum memiliki resiko 11 persen lebih rendah untuk menderita depresi dibandingkan mereka yang gemar mengonsumsi daging merah, lemak jenuh, dan manisan.
?Depresi adalah hal yang umum bagi orang-orang tua dan lebih sering terjadi pada orang dengan masalah ingatan, faktor sirkulasi darah semisal tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, serta mereka yang pernah menderita stroke,? kata Laurel Cherian seperti yang dikutip oleh The Telegraph.
?Mengubah gaya hidup semisal mengganti pola makan acap kali lebih sering dipilih dibandingkan harus mengonsumsi obat-obatan. Jadi kami ingin melihat apakah makanan memang bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi depresi,? sambungnya.
?Studi di masa depan sekarang diperlukan untuk mengonfirmasi hasil ini dan menentukan komponen nutrisi terbaik untuk mencegah depresi di kemudian hari dan menjaga supaya otak tetap sehat,? kata Cherian.
